Jalur Selatan Terputus di Ciamis

Di jalur pantai utara Jawa, uji coba penggunaan Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dilakukan kemarin, berhasil. JEMBATAN Cibaruyan, Kampung Cianda, Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambles.
Akibatnya, jalur selatan yang menghubungkan Bandung-Ciamis-Jawa Tengah terputus sejak kemarin pukul 02.00 WIB.

“Arus lalu lintas yang menghubungkan Bandung-Ciamis menuju Jateng kami tutup total karena ada pergeseran tanah di sekitar Jembatan Cibaruyan setelah hujan deras Kamis (24/7) ,“ kata Kapolres Ciamis AKB Witnu Urip Laksana kepada wartawan di Ciamis, Jawa Barat, kemarin.

Karena itu, Polres Ciamis mengarahkan kendaraan roda empat dan roda dua melalui Jalan Rajapolah, Indihiang, Sukamulya, dan Tasikmalaya. Kendaraan yang melalui jalur Gentong, jelas Witnu, akan dialihkan menuju wilayah Ciawi ke Pamoyanan.

Dalam menyikapi kondisi tersebut, Pemprov Jabar menargetkan dalam tiga hari menda tang, Jembatan Cibaruyan bisa kembali dilintasi. Dinas Bina Marga Provinsi Jabar berencana memasang jembatan darurat sepanjang 50 meter dan lebar 3 meter.

``Kami berusaha memasang jembatan darurat menggunakan besi bailey dan diperkirakan akan memakan 3 hari,“ kata Yayat, staf Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Balai V. Menurut dia, waktu pengerjaan diperkirakan lebih lama bila cuaca buruk. “Kalau hujan, mungkin lebih dari 3 hari,“ imbuhnya.

Sebagai dampak amblesnya Jembatan Cibaruyan, kemarin, kemacetan arus mudik terjadi di Jalan Sindangkasih, Ciamis, Karangresik, Simpang Lima, Mitra Batik, Jalan Ir Juanda, Singaparna, Cimaragas, Manonjaya, Garuda, Sutisna Senjaya, Indihiang, Rajapolah, Ciawi, Pamoyanan, dan Gentong.

Di jalur pantai utara Jawa, uji coba penggunaan Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dilakukan kemarin, berhasil. Jembatan bisa langsung dilintasi kendaraan bertonase di bawah 8 ton.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan dan Kelaikan Kendaraan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan, dengan dibukanya Jembatan Comal, konsentrasi kendaraan di jalur selatan dan tengah mulai berkurang. (SB/EM/AS/X-12) - Media Indonesia, 25 Juli 2014, Halaman 1

0 komentar:

Posting Komentar