Manajemen Rental Mobil

Penilaian kinerja seorang supir rental mobil pada umumnya merupakan instruksi dari manajemen perusahaan di tempat mereka bekerja. Dimana instruksi manajemen tentunya berdasarkan dengan standar operasional produser yang di berikan kepada mereka sesuai dengan job description sebagai supir.

Penilaian kinerja seorang supir rental mobil ke depan akan berguna untuk memperbaiki mutu pelayanan kepada konsumen dimasa yang akan datang. Dan tentunya testimoni dari konsumen yang dilayani diperlukan sebagai umpan balik untuk tingkat kualitas kerja mereka.

Menurut Ade Surya, pengamat usaha rental mobil terdapat beberapa personalitas untuk mengukur kinerja seorang supir mobil rental yaitu : kemampuan, kejujuran, motivasi dan kepuasan kerja. Seorang yang mampu mengemudikan mobil dengan baik dan sesuai dengan peraturan lalu lintas, kemudian jujur dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari dalam melayani konsumen yang menyewa mobil di tempatnya bekerja. Loyalitas kepada perusahaan harus tinggi dimana dapat dengan baik menjaga mobil yang dikemudikan agar selalu terawat dengan baik serta kebersihan yang terjaga.

Kemudian memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam melayani konsumen, dimana seorang supir juga dituntu profesional dalam melaksanakan pekerjaannya. Karena seorang supir biasanya merangkap sebagai tour guide ketika melaksanakan tugas mengemudikan mobil ketika mengantarkan konsumen ke tempat tujuannya. Kepuasan kerja seorang supir dapat dinilai pada masa 6 (enam) bulan bekerja.

Dimana lebih dari 6 bulan sifat asli mereka akan nampak, apakah mereka masih memperilihatkan kejujuran, motivasi. Dimana sikap perubahan tersebut menunjukkan kepuasan dalam melaksanakan job description yang telah diberikan kepada mereka. Serta keikhlasan dalam melaksanakan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

Biasanya pimpinan perusahaan rental mobil dapat dengan jeli melihat pola perubahan yang terjadi pada seorang supir. Dimana mulai hari pertama kerja hingga selanjutnya pimpinan bisa mengetahui apakah seorang supir dapat dipercaya dalam melaksanakannya. Perlu anda ketahui bahwa dalam merintis usaha rental mobil begitu banyak rintangan yang dihadapi.

Apalagi dalam memberikan pengertian kepada seorang supir untuk memahami tujuan dari perusahaan tempat mereka. Karena sifat dasar manusia tetap mengutamakan kepentingan pribadi mereka. Dan tentunya seorang pimpinan dituntut mengerti akan kemauan bawahan yang dipimpinnya. Begitu banyak contoh dapat kita jadikan panutan di berbagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi yang telah dahulu menggaungkan brandnya di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar