Mobil Super Terbaik 2011

Dan dari sekian banyak supercar yang lahir di 2011, Lamborghini Aventador adalah supercar terbaik. Berbekal mesin 6.500 cc 12 silinder yang mampu menghasilkan daya maksimum hingga 700 hp Aventador bisa menembus topspeed sampai 350 km per jam dan berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 3,9 detik saja.


Selain Lamborghini Aventador, supercar apa saja yang pantas disebut sebagai supercar terbaik di 2011? Berikut daftar supercar terbaik 2011 versi Telegraph.
Tahun 2011 lalu merupakan tahun yang ramai bagi industri otomotif dunia. Berbagai mobil pun lahir meramaikan pasar mobil dunia yang kian gempita. Tidak terkecuali di segmen mobil super alias supercar yang juga memiliki beragam mobil yang lahir di tahun ini.

1. Lamborghini Aventador
Mobil ini merupakan mobil terkuat yang pernah dibuat Lamborghini. Tubuhnya terbuat dari karbon yang unik dan kuat dengan bobot hanya 3.472 pounds.

Sementara dapur pacunya terisi mesin 6.500 cc 12 silinder yang mampu menghasilkan daya maksimum hingga 700 hp. Berkat mesin itu, Aventador bisa menembus topspeed sampai 350 km per jam dan berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 3,9 detik saja.

Meski memiliki kecepatan dahsyat, Aventador diklaim ramah lingkungan karena bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 sampai 20 persen dibanding pendahulunya.

Nama Aventador merujuk kepada nama sebuah banteng yang menerima Trofeo de la Pena La Madronera di arena Saragossa Spanyol pada 1993 lalu. Aventador juga bisa berarti banteng paling berani.

Dan karena ini sebuah Lamborghini, pintunya pun terbuka ke atas. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 3 miliar di Eropa dan meskipun berharga tinggi, antrian mobil yang rencananya hanya akan dibuat sebanyak 4.000 unit ini pun terbilang sudah mengular.


2. Ferrari FF
Mobil yang diluncurkan oleh pambalap F1, Fernando Alonso dan Felipe Massa ini tergolong laris manis. Seluruh produksi Ferrari FF untuk tahun produksi 2011 ludes terjual.

Tingginya minat para penggemar mobil sport terhadap Ferrari FF memang bisa diprediksi. Sebab ini adalah mobil pertama Ferrari yang menggunakan sistem penggerak four-wheel drive atau 4WD. Sistem ini merupakan yang pertama kali dimiliki Ferrari. Selain itu mobil ini juga memiliki 4 kursi.

Mobil ini mengusung sebuah mesin V12 yang memiliki Displacement 6.262 cc. Mesin canggih ini mampu membantu Ferrari FF menyemburkan tenaga hingga 660 bhp pada putaran 8.000 rpm dengan dorongan torsi hingga 683 Nm di 6.000 rpm.

Dengan begitu, Ferrari FF yang memiliki enam warna pilihan yakni Rosso Maranello, Grey AbuDhabi, Grey Ferramet, Blue American, White Italy dan Green Racing ini bisa dibilang merupakan salah satu Ferrari terkuat yang pernah dibuat.

Bahkan dengan mesinnya tersebut, mobil yang dikembangkan oleh Raffaele De Simone ini sanggup berakselerasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,7 detik saja namun tetap ramah lingkungan karena hanya mengeluarkan emisi gas CO2 sebesar 360 g/km.


3. McLaren MP4-12C
McLaren MP4-12C merupakan mobil sport dua penumpang yang menggendong mesin V8 berkapasitas 3.8 liter berkekuatan 592 hp. Mobil yang sudah mengusung sistem twin-turbo ini terasa unik sebab sasisnya terbuat dari serat karbon yang ringan.

Mobil ini pun juga terasa istimewa berkat dapur pacu yang disokong oleh mesin V8 Twin Turbo berkapasitas 3.8 liter yang kemudian dikawinkan dengan transmisi 7-Shift Seamless dual-clutch gearbox (SSG) di balik tubuhnya.

Berkat perpaduan itu, McLaren MP4-12C pun diklaim dengan santai dapat memproduksi tenaga hingga 600 tenaga kuda (hp) dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik dengan topspeed mencapai 322 km perjam.


4. Porsche Cayman R
Bila versi standarnya saja sudah memiliki kemampuan yang mengagumkan, apa jadinya bila Porsche mengeluarkan sebuah Porsche Cayman yang lebih agresif, ringan sekaligus lebih dahsyat dibanding versi standarnya? Jawabannya adalah luar biasa!

Porsche Cayman R ini memiliki tenaga 10 bhp lebih besar dari Cayman versi standar. Karenanya tidak salah bila kekuatan sebesar 325 bhp dengan torsi 273 lb-ft bisa disemburkan dari mesin 3.4 liter yang digendongnya.

Akselerasi Porsche Cayman R pun lebih cepat 0,2 detik dibanding Cayman S. Porsche Cayman R bisa melaju dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu sekitar 5 detik saja dnegan kecepatan puncak mencapai 281,6 km per jam.

Sementara Porsche Cayman R yang dilengkapi kopling ganda khas Porsche, PDK bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 4,7 detik saja dan berlari sampai 280 km per jam.

Tapi untuk itu, aplikasi standar seperti air conditioning (AC) dan perangkat audionya dihilangkan untuk memangkas bobot mobil ini lebih ringan 55 kg.

Fitur standar dari mobil ini selain dapur pacunya yang lebih beringas tadi juga teraplikasi spoiler yang mampu menambah aerodinamika mobil, lampu utama dari hologen dan tubuh yang sudah dibalut strip ala mobil sport.


5. Ferrari 458 Spider
Dengan atap terbuka dan nama 'Spider' di belakangnya, mobil ini pun menjadi penerus F355, F360 dan F430 yang juga memiliki varian Spider.

Ferrari 458 Spider sesungguhnya adalah saudara kembar dari Ferrari 458 Italia. Bedanya, bila 458 Italia berbentuk coupe, 458 Spider memiliki tampang yang sedikit lebih sporty dengan atap yang bisa dibuka hanya dalam waktu 14 detik saja.

Dibalik tubuh 458 Italia dan 458 Spider sama-sama tersembunyi sebonggol mesin V8 berkapasitas 4.5 liter yang sama. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 462 bhp pada 9.000 rpm dengan torsi mencapai 540 Nm yang disalurkan oleh transmisi dual-clutch F1 seven-speed paddleshift.

Namun sistem buka-tutup atap tersebut ternyata membuat bobot 458 Spider jadi 50 kg lebih berat dari 458 Italia. Hasilnya, kemampuan mobil ini pun sedikit berkurang. Akselerasi dari diam sampai 100 km per jam bisa di capai dalam 3,4 detik.

Sementara kecepatan turun dari 325 km per jam menjadi 318,6 km per jam akibat penambahan bobot tersebut. Namun meski sedikit lebih lambat, 458 Spider ini langsung menjadi salah satu mobil convertible tercepat saat ini.

Ada 3 mode pengendaraan yang bisa dipilih para pengguna 458 Spider yakni Sport, Race dan Normal yang akan secara otomatis melakukan penyesuaian di traksi kontrol, suspensi hingga sistem pembuangan.


6. Jaguar XKR-S
Mobil asal Inggris yang diperlihatkan oleh artis Hollywood, Mila Kunis di Beverly Hills sebelum peluncuran resminya dilakukan di Los Angeles Auto Show ini terasa istimewa sebab ini adalah mobil convertible terkuat yang pernah dibuat Jaguar.

Predikat itu didapat berkat sebonggol mesin V8 berkapasitas 5.0 liter yang sudah dilengkapi dengan supercharge. Dengan mesin tersebut, Jaguar XKR-S convertible pun mampu memproduksi tenaga hingga 550 horsepower dengan torsi 502 lb-ft.

Berkat tenaga sebesar itu, mobil ini pun mampu melesat cepat hingga kecepatan 300 km/jam dan berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik saja.

Tenaga yang besar itu kemudian dipadu dengan tubuh ringan dari bahan aluminium. Aerodinamika pun terukur berkat desain tubuh yang dinamis. Karena itu tidak heran bila hanya perlu waktu singkat untuk mobil yang diproduksi dalam jumlah terbatas ini ludes terjual sesaat ketika selesai diluncurkan.


7. Porsche GT3 RS 4.0
Mobil ini merupakan versi balap dari Porsche Carrera 911 dan diproduksi hanya sebanyak 600 unit saja. Wujudnya yang semakin sporty dengan penambahan bodi kit hingga sayap belakang dipersembahkan untuk mengakomodir para pecinta kecepatan.

Untuk membuat daya pacunya lebih agresif, Porsche 911 GT3 RS disokong dengan mesin Boxer 4.000 cc 6 silinder yang dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan. Kemampuan mesin itu bisa melontarkan tenaga hingga 368 kW (500 hp) pada 8.250 rpm dan torsi sebesar 460 Nm padan 5.750 rpm.

Dengan kekuatan sebesar itu, mobil ini pun akhirnya bisa berlari dari titik 0-100 km/jam dengan hitungan waktu 3,9 detik. Racikan insiyur Porsche ini juga mampu bergerak dari titik 0-200 km/jam dengan waktu di bawah 12 detik dengan kecepatan maksimal 306 km/jam.

Hasil pengujian di sirkuit Nurburgring-Nordschleife, 911 GT3 RS terbukti mampu mengitari sirkuit tersebut dengan waktu 7 menit, 27 detik.

Adapun bobotnya kini turun menjadi 1.360 kg meski dengan tangki penuh bahan bakar didapat karena mobil ini sudah menggunakan bahan serat karbon pada kap mesin, sayap. Sementara jendela belakang terbuat dari bahan dasar plastik terkuat.

Untuk keamanan pengendara dan penumpangnya Porsche telah menyematkan roll bar dan bucket seat. Dan untuk bagian interiornya dihiasi dengan 2 warna yakni hitam dan merah.


8. Aston Martin V8 Vantage S
Pabrikan mobil mewah asal Inggris ini mempersembahkan keluarga baru bermesin V8 Vantage dengan penambahan versi S. Berbagai fitur menarik yang ditawarkan menjadikan kendaraan ini berbeda dengan kendaraan lainnya. Aston Martin V8 Vantage S diperkenalkan dengan model coupe dan cabrio.

Aston Martin V8 Vantage S memiliki mesin baru 4.700 cc, dapat menyemburkan tenaga hingga 430 bhp dan torsi maksimum 490 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan transmisi Sportshift II baru, yang dikembangkan Sportshift dengan tujuh gigi percepatan.

Aston Martin V8 Vantage S ini memiliki suara yang unik karena kendaran cepat ini telah dilengkapi sebuah muffler knalpot baru dan bypass valve map, fitur ini membuatnya memiliki suara yang khas yang jarang kita dengar.

Seri S ini juga banyak mengadopsi penampilan dari mobil-mobil Aston Martin V12 seperti pada bagian bumper yang menggunakan serat karbon, begitu juga dengan tampilan bamper belakang yang optimal membuat mobil ini terlihat proposional.


9. Audi R8 GT
Mobil ini merupakan kasta tertinggi dari keluarga Audi R8 yang memiliki kekuatan yang cukup menakutkan.

Dapur pacunya diisi oleh mesin FSI V10 berkapasitas 5.2 liter yang mampu memproduksi tenaga hingga 560 horsepower dengan dorongan torsi mencapai 398 lb-ft.

Dengan kekuatan sebesar itu yang kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi enam percepatan R-tronic with two fully automatic modes, Audi R8 GT pun mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km per jam hanya dalam waktu 3,8 detik saja.

Bila ingin mengebut dan memiliki nyali lebih, para pengendaranya bisa mengendarai mobil ini hingga kecepatan 317 km per jam.


10. Aston Martin Virage
Mobil ini adalah mobil yang lahir kembali setelah kematiannya di tahun 1996 dan merupakan model penghubung antara DB9 dan DBS di line-up Aston Martin.

Berbagi platform aluminium VH dengan DB9 dan DBS, Virage hadir dengan kontrol yang dikatakan paling baik dari seluruh mobil Aston Martin saat ini. Hanya butuh sedikit usaha untuk mengekstrak kinerja mobil hingga ke tingkat maksimal.

Dapur pacunya dimotori oleh mesin V12 berkapasitas 5.9 liter yang ditempatkan di bagian depan mobil. Dari mesin tersebut, tenaga 490 bhp dengan torsi 420 lb-ft mampu dilahirkan.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Touchtronic II 6-speed yang mampu membuatnya berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik. Sementara kecepatan puncak mobil ini mencapai 186 mph atau sekitar 300 km/jam. Sumber DETIKOTO

0 komentar:

Posting Komentar