Jadwal Penerbangan Ditambah ke Riau

Sejumlah Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan ke Riau
Rental Mobil Pekanbaru, Penambahan jadwal penerbangan khususnya untuk kedatangan itu sifatnya hanya sementara. Beberapa maskapai penerbangan menambah jadwal terbang untuk beberapa rute guna menanggulangi lonjakan penumpang menuju Pekanbaru, Riau, menjelang dimulainya perhelatan Pekan Olahraga Nasional ke XVIII/2012.

"Ada beberapa maskapai yang menambah jam terbang untuk jelang hingga usai PON Riau. Seperti Garuda Indonesia, Batavia, Lion Air, dan ada beberapa lagi," kata Ibnu Hasan, Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, di Pekanbaru, Kamis (6/9).


Penambahan jadwal penerbangan khususnya untuk kedatangan itu sifatnya hanya sementara guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang berbagai wilayah jelang PON di Riau.

Garuda Indonesia sudah menambah rute Jakarta-Pekanbaru dan kemungkinan akan terus berlanjut hingga beberapa hari kedepan.

Sementara Lion Air menambah dua penerbangan, yakni rute Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

Batavia Air juga ada dua tambahan jadwal penerbangan Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

Selain penambahan jadwal penerbangan umum, beberapa maskapai juga ada yang menyediakan pesawat carter juga rute Jakarta-Pekanbaru dan Surabaya-Pekanbaru.

"Untuk penerbangan pesawat carter itu, dimulai pada hari ini dan berlanjut hingga besok (Jumat, 7/9)," katanya.

Pesawat carter yang terjadwal hari ini adalah Lion Air, Batavia, Sriwijaya dan Garuda Indonesia.

Dikabarkan seluruh kursi yang disediakan kabarnya penuh, rata-rata penumpangnya adalah kontingen tiap cabang olahraga yang akan berlaga pada PON ke XVIII/2012.

Seluruh pesawat carter itu tiba di Bandara SSK II Pekanbaru pada waktu yang berbeda. Seperti pesawat carter milik Batavia Air, hari ini ada tiga rute penerbangan.

Mulai dari Pontianak-Pekanbaru yang terjadwal telah tiba sekitar pukul 10.50 WIB, kemudian rute sebaliknya yakni Pekanbaru-Pontianak pukul 13.00 WIB.

"Pesawat yang sama kemudian terjadwal akan kembali terbang dari Pontianak menuju Pekanbaru pada pukul 15.10 WIB," kata Ibnu.
Penulis: Antara/ Didit Sidarta, Sumber BeritaSatu.com


Tuan Rumah PON, Penerbangan Ke Pekanbaru Meningkat
Diantara fasilitas pendukung PON yang ada di Kota Pekanbaru, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II dinilai yang paling siap. Hampir semua sarana dan prasarana sudah memenuhi syarat, bahkan pengaturan antara penumpang reguler dengan kontingen peserta PON terlihat sangat tertib.

Kesiapan Bandara SSK II ini juga terlihat saat kunjungan DPRD Provinsi Riau yag dipimpin Ketua DPRD Riau, Drs HM Johar Firdaus MSi, Selasa (4/9). Kunjungan ini dihadiri hampir seluruh anggota DPRD Riau dan didampingi Kepala Cabang PT Angkasa Pura Pekanbaru. Anggono Baras TS beserta staf.

Pada kunjungan kerja ini, rombongan DPRD Riau meninjau pintu kedatangan dan keberangkatan, ruang tunggu, dan terakhir meninjau posko PON yang berada di sisi kiri Bandara SSK II. Pada saat meninjau posko ini, Ketua DPRD dan anggota juga menanyakan fasilitas dan kendala yang dialami petugas. Namun secara keseluruhan kepanitiaan berjalan lancar meski ada beberapa penundaan penerbangan oleh kontingen yang menyebabkan berubahnya waktu penjemputan.

Di posko PON ini, kontingen yang datang langsung diregistrasi sesuai dengan cabang olahraga yang diikuti, lalu dibagi berdasarkan bus yang akan mengantar mereka ke lokasi penginapan termasuk untuk atlet yang akan melakoni pertandingan di daerah.

Ketua DPRD Riau Drs HM Johar Firdaus MSi menjawab wartawan usai peninjauan menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak PT Angkasa Pura II Pekanbaru dimana semua fasilitas pendukung sangat memadai. Selain itu pengaturan kontingen yang datang juga sangat baik karena ada pembedaan antara penumpang reguler dengan kontingen.

"Apalagi akses dari bandara ini sangat mudah kemana saja. Dan pihak bandara juga sudah menyiapkan 200 kendaraan yang standby di lapangan di dekat bandara. Hanya spanduk dan umbul-umbul saja yang perlu diperbanyak," jelasnya.

Sementara itu Kepala Cabang PT Angkasa Pura II Pekanbaru, Anggono Baras TS kepada wartawan mengatakan Bandara SSK II seratus persen siap menyukseskan PON di Provinsi Riau, dan itu terlihat dari kemudahan yang diberikan.

"Memang ada peningkatan penerbangan sekitar 20,8 persen dari 64 penerbangan menjadi 71 penerbangan, tapi secara umum kita tidak mendapat masalah," tegasnya. (ans/jpnn.com)

0 komentar:

Posting Komentar