DPRD Riau Setuju Usulan Pemberhentian Rusli Zainal

Sebanyak 28 anggota DPRD Riau menyetujui usulan pemberhentian Gubernur Rusli Zainal dan wakil Gubernur HR Mambang Mit yang periode jabatannya akan habis 21 November mendatang.

Wakil pimpinan DPRD Riau Almainis mengatakan 28 anggota DPRD ini telah dianggap memenuhi kuorum untuk mengambil keputusan.

Sementara siapa yang akan menggantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau adalah kewenangan Mendagri yang akan menunjuk sampai KPU nanti menetapkan Gubernur terpilih dalam Pilkada putaran kedua pada 27 November nanti.

Sebelumnya kemendagri telah menyampaikan bahwa usulan pemberhentian gubernur paling lambat tiga Minggu sebelum penujukan Pelaksana Tugas (Plt). Jika dihitung dari sekarang DPRD Riau tidaklah terlambat mengajukan usulan tersebut.

Sementara itu di Riau sendiri, kriteria orang yang memenuhi jabatan Plt Gubernur hanyalah Sekretaris daerah saat ini Zaini Ismail. Dia merupakan pejabat eselon I dan golongan IV C. Namun DPRD ketika didesak tetap memulangkan hal ini kepada kemendagri terkait siapa yang akan ditunjuk. [zamrudtv.com]

0 komentar:

Posting Komentar