Taman Margasatwa Bukittinggi Tambah Penghuni, Buaya Putih

Rental Mobil Pekanbaru - Sebagai salah satu ikon objek wisata di Bukittinggi, Taman Margasatwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi terus berbenah. Salah satunya dengan menambah koleksi binatang, yakni seekor Buaya Putih.

Buaya putih, tiba di TMSBK Bukittinggi, Minggu(1/9). Buaya yang termasuk langka itu, diperkirakan sudah berumur 22 tahun.

Kepala Resort Konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alama (BKSDA) Sumbar, Vera Ciko, menyebutkan buaya putih ini merupakan jenis buaya muara spesies Crocodylus sp yang sangat langka dan berstatus hewan dilindungi.

"Saya memperkirakan, spesies buaya putih ini hanya ada di sekitar Indonesia Bagian Timur. Buaya putihnya biasa dijumpai di Australia," ujar Vera Ciko.

Buaya yang menjadi penghuni TMSBK adalah sumbangan dari mayor purnawirawan Muslim Siregar dari Pasaman Barat. Menurut cerita, buaya itu diperolehnya masih kecil saat bertugas di daerah Timor Leste tahun 1992.

Ketika pindah tugas ke Pasaman barat, buaya ini ikut dibawanya dan dipelihara. Tiga minggu lalu, buaya ini sempat lepas. Ketika ditemukan, buaya ini lalu diikat oleh pemiliknya.

"Tapi ternyata tali ikatan itu melukai selingkar pinggang buaya. Sekarang luka yang dialami buaya putih itu sudah dalam perawatan tim kesehatan TMSBK Bukittinggi," terang Vera Ciko.
Sumber : zamrudtv.com

Note: Jangan lupa butuh rental mobil Pekanbaru kontak saja Gloria Rent Car (H. Asril Anas 0812 7631 3492). Dan jika butuh transportasi untuk wisata di Sumatra Barat silahkan kunjungi website rental mobil Padang.

0 komentar:

Posting Komentar